Sunday, September 19, 2010

Dekorasi Ruangan Dengan Interior Etnik

Design interior etnikMendengar kata etnik, pikiran tertuju antara lain pada ukiran Jepara atau kain batik. Padahal kata etnik itu berarti luas. Indonesia masih punya banyak kekayaan etnik lain yang siap bikin rumah makin cantik.

Kalau diartikan secara sederhana, sesuai arti katanya, etnik berarti suku bangsa. Gak heran interior bergaya etnik, selalu menggali kekayaan suku bangsa, di wilayah tertentu. Indonesia adalah negara, yang punya banyak sekali kekayaan suku dan daerah, yang bisa digali untuk mempercantik ruangan. Siap menggali kekayaan negeri sendiri?

Kita mulai dari kain-kain tradisional. Batik adalah salah satu yang populer. Tapi jangan terjebak dengan satu kain saja. Indonesia masih punya kain tradisional lain yang tak kalah memukau. Ada Ulos dari Batak, berbagai kain tenun dari Lombok dan Bali, dan sebagainya. Kain-kain ini bisa memenuhi berbagai fungsi. Tak hanya sebagai pakaian, kain-kain ini bisa dimanfaatkan untuk taplak meja, sarung bantal, hingga gorden.

Beralih ke furniture, furniture berukir menjadi salah satu yang etnik itu.Furniture berukir ala Jepara, sampai sekarang tidak pernah kehilangan kepopulerannya, hingga ke mancanegara. Selain furniture ukir Jepara, masih ada furniture lain yang tak kalah indah dari ukiran Jepara. Ukiran tradisional Papua atau suku Batak, misalnya. Mereka memiliki keunikan motif dan bentuk. Menempatkan furniture berhias ukiran-ukiran ini, akan membuat rumah Anda tampil beda dari rumah-rumah bergaya etnik lainnya.

Pajangan dan aksesoris, jangan ditanya. Indonesia punya berjuta keragaman pajangan yang bisa dipilih. Mulai dari hiasan dinding, tikar atau karpet, hingga patung dan artwork lainnya.

Tips buat Anda: kalau kebetulan berjalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia, jangan lupa membeli kerajinan khas daerah tersebut. Pada saatnya nanti, Anda bisa memajangnya dan membuat ruangan

Sumber: ideaonline.co.id, 12 Januari 2010

No comments:

Post a Comment