Thursday, February 4, 2010

Tips Berhemat Pemakaian Air

Interior kamar mandiUntuk menciptakan lingkungan yang sehat, bisa kita mulai dari kebiasaan orang dikeluarga kita berhemat dalam pemakaian air. Harus diingat, untuk menggalang gerakan cinta lingkungan, tidak hanya berupa menanam pohon dan penghijauan hutan. Penghematan air juga merupakan bentuk kepedulian lingkungan.

Di rumah, banyak yang bisa kita kerjakan untuk berhemat air. Meskipun kelihatan sepele, jika kebiasaan menghemat pemakaian air ini dilakukan semua keluarga di Indonesia, dampaknya akan bisa kita rasakan. Berikut tips untuk berhemat air yang cukup mudah untuk dilakukan.

1. Memakai shower saat mandi.

Memakai shower bisa lebih berhemat air sampai 1/3 jika dibandingkan menggunakan gayung yang disiramkan ke badan kita. Untuk biaya pemasangan shower memang lebih mahal pengeluaran uangnya, tetapi dalam jangka panjang, shower akan lebih berhemat perhitungan penggunaannya.

Tips interior kamar mandi2. Menutup kran air jika tidak digunakan.

Hindari kebiasaan membuka kran sambil gosok gigi, atau sedang menggunakan shampo atau sabun mandi, sementara air kran dibiarkan mengucur, yang tanpa disadari air sudah tumpah terbuang akibat luber melebihi daya tampung bak mandi atau ember. Dalam satu hari, air yang terbuang tidak kentara, tetapi coba dalam hitungan tahun, air yang anda buang bisa ribuan liter.

3. Secukupnya saat menyiram closet.

Gunakan ukuran tabung closet yang takarannya cukup untuk pemakaian airnya. Ukuran closet umumnya berkapasitas 3 - 6 liter air, jika kelihatan terlalu banyak air yang terbuang, coba masukkan botol plastik yang sudah diisi dengan air untuk mengurangi takaran air yang masuk dalam oenampungan closet. Dengan demikian, air yang digunakan akan lebih berkurang.

4. Yang terakhir, pastikan pipa paralon dan saluran air tidak ada mengalami kebocoran walaupun kecil. Ini akan menambah kenyamanan kamar mandi anda, karena tidak kelihatan selalu basah dan bersih.


No comments:

Post a Comment